REPRESENTASI MAKNA QURBAN DALAM BUDAYA POPULER: Membaca Konsumerisme melalui Analisis Semiotika Barthes Iklan Cetak PKPU Kurbanmu Kendaraanmu

Authors

  • Mohamad Syahriar Telkom University
  • Mohamad Syahriar Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/liski.v2i2.286

Abstract

Fenomena iklan kurban menjadi sebuah hal yang menarik dikaji terutama dikaitkan keberadaan kurban sebagai sebuah ritual ibadah, bukan sekedar komoditas barang atau jasa. Penggunaan iklan dalam menyampaikan informasi mengenai jasa layanan kurban dapat dianalisa untuk melihat bagaimana konten iklan dalam layanan jasa kurban dirancang sedemikian rupa dalam jalinan tanda yang memiliki makna tertentu, baik secara denotatif, konotatif, hingga mitos yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan menggunakan analisis semiotika Barthes untuk membongkar makna hingga tataran ideologisnya. Iklan yang diteliti adalah iklan qurban PKPU versi Qurbanmu Kendaraanmu-mobil sport. Hasil analisis menunjukkan bagaimana penggunaan tanda dalam iklan Qurbanmu Kendaraanmu menggunakan tanda tertentu yang memiliki makna, dimana pada tataran denotatif iklan ini menjelaskan kurban sebagai sebuah bentuk ritual ibadah yang memiliki aspek teologis sekaligus sosial, di tataran konotatif bagaimana iklan mengemas simbolisasi kurban dengan tanda artifisial yang mengedepankan status sosial, dan di tataran ideologis tampak bahwa konsumerisme menjadi sebuah tanda utama yang ditampilkan secara kontradiktif dengan nilai denotatif yang dimaksudkan dalam iklan Qurbanmu Kendaraanmu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barthes, Roland (2012). Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta : Jalasutra

Barthes, Roland. (2007). Membedah Mitos Nitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta : Jalasutra

Baudrillard, Jean(2006). Ekstasi Komunikasi. Yogyakarta : Kreasi Wacana

Meleong, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Myers, Kathy (2012). Membongkar Sensasi dalam Godaan Iklan. Yogyakarta : Jalasutra

Nasution, Prof. Dr. S.(2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sobur, Alex (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Shihab, M. Quraish (2002). Tafsir Al Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran. Jakarta: Lentera Hati.

Vera, Nawiroh (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Downloads

Additional Files

Published

2017-03-04