REPOSITIONING PT TELKOMSEL MENJADI DIGITAL COMPANY MELALUI GRAPARI DIGILIFE (Studi Kasus Eksploratif Mengenai Repositioning PT Telkomsel Menjadi Digital Company Melalui Pengembangan Grapari Digilife Sebagai Bagian Kegiatan Komunikasi Pemasaran)

Penulis

  • Nindya Rahmayanty Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Anwar Sani

DOI:

https://doi.org/10.25124/liski.v2i1.53

Abstrak

Repositioning PT Telkomsel menjadi Digital Company dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi digital dan membawa masyarakat menuju digital society dengan menerapkan komunikasi pemasaran pada berbagai produk dan layanan digital Telkomsel, serta untuk memberikan pengalaman langsung kepada publik mengenai gaya hidup digital melalui Grapari Digilife. Penelitian dengan pendekatan studi kasus ini berupaya mengetahui proses repositioning yang dilakukan PT Telkomsel untuk menjadi Digital Company. Delapan orang yang terlibat dalam proses tersebut dilibatkan melalui wawancara mendalam dan terungkap bahwa telah terjadi pergeseran fokus bisnis dari suara dan SMS menjadi layanan data. Dalam hal ini, Grapari Digilife merupakan bentuk diferensiasi dan keunggulan kompetitif PT Telkomsel dalam pemasaran yang difungsikan sebagai Digital Experience Center untuk publik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Belch, George E dan Michael A Belch. 1995. Introduction To Advertising and Promotion Management. United States of America: Von Hoffmann Press, Inc.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam

Keluarga. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Kartajaya, Hermawan. 2004. On Differentiation. Bandung: PT Mizan Pustaka.

__________________. 2005. Marketing in Venus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

. 2006. On Marketing Mix. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

K. Yin, Robert. 1996. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal) Edisi 11. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV Prisani Cendekia.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumber Lain:

Buku Telkomsel. 2014. Ekspresikan Duniamu. Hal 2-3. Sumber: US Census Bureau, InternetWorldStats, Facebook, ITU.

Kanter, Rosabeth Moss. 1995. “Thriving Locally in the Global Economyâ€. Harvard Business Review, (Online), Vol. I, No. 2, (http://cioexcellence.com/students/KanterArticle.pdf, diakses 7 September 2015).

Dragolea L, Cotirlea D. 2009. Benchmarking – A Valid Strategy for the Long Term?. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica 11 (2): 813- 826..

Piliang, Yasraf Amir. “Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosialâ€. Jurnal Sosioteknologi, (Online), Volume 11, No. 27, (http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1098/704, diakses 7 September 2015).

Pryor dan Katz, kutipan Yasin MM. 2002. The Theory and Practice of Benchmarking: Then and Now. Benchmarking: An International Journal, 9 (3): 217-243.

Diterbitkan

2016-08-03

Terbitan

Bagian

Articles