PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIRECTIONAL FEATURE EXTRACTION DAN SUPPORT VECTOR MACHINES UNTUK MENERJEMAHKAN KATA DENGAN PENGENALAN HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID

  • Fardilla Zardi Putri
  • Budhi Irawan
  • Umar Ali Ahmad

Abstract

Pada era global ini menguasai bahasa selain bahasa Indonesia merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki setiap orang. Banyak orang berkunjung ke negara lain untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, belajar, bahkan berlibur. Salah satu negara yang banyak dikunjungi adalah negara Jepang. Negara Jepang memiliki bentuk huruf yang berbeda dengan huruf latin pada umumnya. Untuk mempelajari bahasa Jepang tersebut dibutuhkan pemahaman dengan huruf-hurufnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, pengenalan karakter atau sering Optical Character Recognition (OCR) merupakan salah satu aplikasi teknologi pada bidang pengenalan karakter atau pola dan kecerdasan buatan sebagai mesin pembaca. Pada penelitian ini, akan dirancang sebuah aplikasi penerjemah kata dalam bahasa Jepang berbasis Android dengan memanfaatkan prinsip dasar OCR dengan menggunakan metode Directional Feature Extraction dan Support Vector Machine. Pengujian yang dilakukan memberikan hasil terbaik pada nilai akurasi yang dicapai dengan menggunakan metode Directional Feature Extraction dan Support Vector Machine adalah 85,71%. Pada penelitian ini, menggunakan 104 data latih. Hasil pengujian Beta atas empat poin, yaitu tampilan aplikasi, waktu respons sistem, ketepatan penerjemahan, dan manfaat aplikasi menunjukkan aplikasi dapat diklasifikasikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-20
How to Cite
PUTRI, Fardilla Zardi; IRAWAN, Budhi; AHMAD, Umar Ali. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIRECTIONAL FEATURE EXTRACTION DAN SUPPORT VECTOR MACHINES UNTUK MENERJEMAHKAN KATA DENGAN PENGENALAN HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2018. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1658>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v2i1.1658.
Section
Survey Articles

Most read articles by the same author(s)