PERBANDINGAN STEGANALISIS SINYAL WICARA BERFORMAT .WAV ANTARA METODE ANALISIS CEPSTRAL DAN MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC)

  • Kevin Putra Dirgantoro
  • Bambang Hidayat
  • Nur Andini

Abstract

Teknik menyembunyikan pesan rahasia ke dalam suatu data tertentu atau yang biasa dikenal dengan steganografi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Namun, ternyata metode penyembunyian pesan ini juga menimbulkan masalah, di antaranya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan teknik tersebut untuk kegiatan kriminalitas. Oleh karena itu, diperlukan teknik untuk mendeteksi pesan tersembunyi di dalam suatu data. Teknik tersebut dikenal dengan istilah steganalisis. Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap berkas sinyal wicara yang berformat .wav, dengan menggunakan dua metode, yaitu analisis cepstral dan MelFrequency Cepstral Coefficient (MFCC). Perbandingan dari kedua metode ini dilakukan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik untuk mendeteksi data memiliki pesan rahasia atau tidak. Nilai akurasi yang didapat dengan menggunakan 45 data latih dan uji untuk metode analisis cepstral yaitu sebesar 51,11%, sedangkan untuk MFCC sebesar 77,78%. Nilai akurasi tersebut didapat dari ciri statistik yang terdiri dari nilai kurtosis, skewness, dan standard deviation yang dihasilkan dari kedua metode, dengan menggunakan metode klasifikasi Support Vector Machine (SVM).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-23
How to Cite
DIRGANTORO, Kevin Putra; HIDAYAT, Bambang; ANDINI, Nur. PERBANDINGAN STEGANALISIS SINYAL WICARA BERFORMAT .WAV ANTARA METODE ANALISIS CEPSTRAL DAN MEL-FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC). TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 56-63, aug. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/2224>. Date accessed: 05 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v3i2.2224.

Most read articles by the same author(s)