Analisis Campaign #BeautyMovesYou pada YouTube Channel Wardah Beauty
Analisis Semiotika Roland Barthes
DOI:
https://doi.org/10.25124/.v1i1.6816Kata Kunci:
Perempuan, kecantikan, iklan, kampanye, semiotika Roland BartesAbstrak
Hadir dengan strereotype perempuan pada zaman dahulu yang penuh dengan pro dan kontra, membuat perempuan memiliki batasan untuk melakukan segala aktivitasnya. Namun, disaat berkembangnya wawasan di era yang semakin maju saat ini, banyak perempuan yang menyuarakan pergerakkan kecil untuk melangkah mewujudkan mimpi baiknya untuk masa depan. Salah satu perusahaan produk kecantikan di Indonesia, yaitu Wardah meluncurkan iklan campaign yang bertajuk #BeautyMovesYou. Iklan campaign #BeautyMovesYou tersebut memuat terkait pergerakkan yang dilakukan oleh mayoritas perempuan dengan tujuan yang sama. Perempuan dari berbagai macam latar belakang, profesi, hingga gaya berpenampilan menunjukkan bahwa siapapun dapat melakukan pergerakkan demi perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma analisis semiotika Roland Bartes. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui terkait adanya makna denotasi, konotasi, dan mitos dari sisi kecantikan yang dimiliki oleh perempuan melalui iklan campaign yang dirilis melalui channel YouTube Wardah Beauty. Hasil daripada peneliltian ini mengungkapkan terkait stigma atau stereotype yang melekat pada perempuan, jika kecantikan dapat terpancar melalui jiwa, hati, serta pemikiran juga menjadi sisi lain dari kecantikan yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, perempuan yang terdapat dalam setiap scene menunjukkan kompetensinya dalam berbagai aktivitas yang positif untuk mencapai tujuan yang baik pada generasi dan masa yang akan datang.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.