Proses Produksi Maskot sebagai Brand Image di PT Mentari Mas Multimoda

Included in Vol 1 No 1 (1): October 2023

Publication

DOI https://doi.org/10.25124/.v1i1.6527
Published 31 October 2023

Abstract

Perkembangan dunia industri membuat semakin banyaknya barang yang perlu dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Perdagangan lintas laut adalah yang paling banyak digunakan dalam memindahkan barang yang ada. Data menunjukkan bahwa lebih dari 80% perdagangan adalah perdagangan lintas laut. Industri pelayaran peti kemas merupakan salah satu industri yang meningkat dikarenakan pertumbuhan pergerakan barang ini. PT Mentari Mas Multimoda merupakan salah satu perusahaan pelayaran peti kemas yang baru berdiri pada tahun 2019 namun dapat bersaing dengan perusahaan pelayaran yang telah berdiri puluhan tahun di beberapa pelabuhan tujuan. PT Mentari Mas Multimoda ingin menonjolkan suatu hal yang baru dan berbeda dibandingkan dengan para kompetitornya khususnya pada bagian image perusahaan. Salah satu yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya adalah maskot. Maka dari itu perancangan karya ini berjudul “Proses Produksi Maskot Sebagai Brand image PT Mentari Mas Multimoda”. Teori yang menjadi acuan dalam rancangan maskot ini adalah 5 unsur dimensi pembentuk brand image menurut Keller (2016) karena maskot akan merepresentasikan perusahaan dan mengandung unsur pembentuk brand image. Untuk perancangan maskot akan menggunakan 5 tahapan design thinking. Dalam memperoleh data untuk menciptakan maskot, penulis melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Perancangan ini menghasilkan Maskot bernama “Si Mas” yang mengandung berbagai nilai dari PT Mentari Mas Multimoda.

How to Cite

file_copyCopy
JANUARIZAD, Firdausi Rizkilah; PUTRI, Idola Perdini; ARIFPUTRI, Aiza Nabilla. Proses Produksi Maskot sebagai Brand Image di PT Mentari Mas Multimoda. Journal of Communication, Business and Social Science (JCOBS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 17-23, oct. 2023. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jcobs/article/view/6527>. Date accessed: 02 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/.v1i1.6527.