Pengaruh Perceived Benefit dan Perceived Risk terhadap Purchase Intention dalam Konteks Social Commerce Instagram pada Sepatu Air Jordan di Wilayah Bandung

person Diva Silvia Julianti
person Syahputra Syahputra

Fashion trend saat ini dipengaruhi adanya social media. Informasi yang dibagikan oleh masyarakat di social media dapat memiliki pengaruh untuk diketahui secara luas dan membentuk niat konsumen dalam pembelian. Khusunya dalam pembelian melalui social commerce Instagram yang memudahkan berbelanja pada berbagai macam e-commerce. Saat ini social commerce telah digencarkan dengan penggunaan sepatu Air Jordan menjadi brand sepatu kets terpopuler pertama dengan mendapatkan premi rata-rata 54% dengan retail price. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dan analisis deskriptif. Sebanyak 375 responden yang didapatkan akan menjadikan sampel untuk teknik analisis linier berganda. Dengan hasil analisis deskriptif perceived benefit 79.28%, perceived risk 71.62% dan purchase intention 74.91% yang dikategorikan Baik. Hasil analisis regresi linier berganda yang menunjukkan positif dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan terdapat pengaruh terhadap variabel secara parsial dan simultan, dengan hasil akhir koefisien determinasi sebesar 44.7%, sedangkan untuk sisanya terdapat 55.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

format_quote
Citation
file_copyCopy
JULIANTI, Diva Silvia; SYAHPUTRA, Syahputra. Pengaruh Perceived Benefit dan Perceived Risk terhadap Purchase Intention dalam Konteks Social Commerce Instagram pada Sepatu Air Jordan di Wilayah Bandung. Journal of Communication, Business and Social Science (JCOBS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-44, oct. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jcobs/article/view/6654>. Date accessed: 12 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/.v1i1.6654.