Pemanfaatan Konferensi Pers sebagai Upaya Branding bagi Program Acara Baru PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV)

person Yaasmiin Afiifah N.
person Martha Tri Lestari

Penelitian ini membahas mengenai manfaat konferensi pers yang dilakukan oleh PT. Cakrawala Andalas Televisidengan tujuan mengethaui apakah konfersensi pers berhasil dalam mem-branding program baru mereka.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan konsepKonferensi Pers menurut Soemirat (2007). Selain itu, peneliti juga menggunakan teori branding menurut Onny & Novelia (2014) yang meliputi promosi, daya tarik dan pembangunan citra terhadap suatu brand. Pengumpulandata diatas diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa acara konferensi pers sendiri memiliki tiga tahapan yaitu sebelum acara, saat acaraberlangsung dan sesudah acara itu berlangsung, yang ketiganya berkesinambungan dalam mengadakan sebuahacara konferensi pers. Branding disini sendiri, meliputi promosi melalui acara konferensi pers tersebut,selanjutnya meliputi daya tarik bahwa setiap konferensi pers yang dilakukan ANTV memiliki daya tariknyatersendiri, dan setiap acara konferensi pers berjalan dengan baik akan berdampak baik pada citra perusahaanANTV itu sendiri.

format_quote
Citation
file_copyCopy
AFIIFAH N., Yaasmiin; TRI LESTARI, Martha. Pemanfaatan Konferensi Pers sebagai Upaya Branding bagi Program Acara Baru PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV). Journal of Communication, Business and Social Science (JCOBS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 50-54, oct. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jcobs/article/view/6818>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/.v1i1.6818.