KOMUNIKASI KRISIS KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) HONG KONG DALAM MENGHADAPI KASUS PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI HONG KONG TAHUN 2018 - 2023

Authors

  • Aldry Kautsar
  • Pradipta Dirgantara Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/jcobs.v2i1.7423

Keywords:

KJRI, Pekerja Migran Indonesia, Komunikasi Krisis

Abstract

Konsulat Jenderal Republik Indonesia merupakan perwakilan Negara Kesatuan Republik Indonesia di negara lain.KJRI Hong Kong merupakan salah satu perwakilan pemerintah Indonesia di Hong Kong. Dalam lingkup kerjanyaKJRI memiliki tanggung jawab untuk memberikan bantuan dan juga pelayanan terhadap Warga Negara Indonesiayang berada di negara setempat. Pekerja Migran Indonesia merupakan salah satu contoh WNI yang berada di luarnegeri. Hong Kong merupakan salah satu negara tujuan utama penempatan PMI di luar negeri. Dalam menjalanipekerjaannya tidak menutup kemungkinan PMI di Hong Kong untuk terlibat dalam suatu permasalahan. Dalampenelitian ini peneliti mengkaji terkait komunikasi krisis yang dilakukan oleh KJRI Hong Kong terhadap kasus yangdialami oleh PMI di Hong Kong. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif denganparadigm post-positivisme, menggunakan teknik wawancara mmendalam sebagai alat pengumpulan data. Subjekpada penelitian ini adalah KJRI Hong Kong, perwakilan negara Indonesia di Hong Kong, objek pada penelitian iniadalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikanpemahaman terkait komunikasi krisis yang dilakukan oleh KJRI Hong Kong dalam menangani permasalahan yangdihadapi oleh PMI di Hong Kong. Dari pennelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa komunikasi krisisyang dilakukan oleh KJRI Hong Kong memberikan dampak positif bagi keberlangsungan aktivitas bekerja PMI diHong Kong terbukti dari lahirnya perasaan aman dan nyaman yang dirasakan oleh PMI di Hong Kong.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-09

Issue

Section

Articles