KOMUNIKASI KRISIS KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) HONG KONG DALAM MENGHADAPI KASUS PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI HONG KONG TAHUN 2018 - 2023

person Aldry Kautsar
person Pradipta Dirgantara (Telkom University)
alternate_email

Konsulat Jenderal Republik Indonesia merupakan perwakilan Negara Kesatuan Republik Indonesia di negara lain.KJRI Hong Kong merupakan salah satu perwakilan pemerintah Indonesia di Hong Kong. Dalam lingkup kerjanyaKJRI memiliki tanggung jawab untuk memberikan bantuan dan juga pelayanan terhadap Warga Negara Indonesiayang berada di negara setempat. Pekerja Migran Indonesia merupakan salah satu contoh WNI yang berada di luarnegeri. Hong Kong merupakan salah satu negara tujuan utama penempatan PMI di luar negeri. Dalam menjalanipekerjaannya tidak menutup kemungkinan PMI di Hong Kong untuk terlibat dalam suatu permasalahan. Dalampenelitian ini peneliti mengkaji terkait komunikasi krisis yang dilakukan oleh KJRI Hong Kong terhadap kasus yangdialami oleh PMI di Hong Kong. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif denganparadigm post-positivisme, menggunakan teknik wawancara mmendalam sebagai alat pengumpulan data. Subjekpada penelitian ini adalah KJRI Hong Kong, perwakilan negara Indonesia di Hong Kong, objek pada penelitian iniadalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikanpemahaman terkait komunikasi krisis yang dilakukan oleh KJRI Hong Kong dalam menangani permasalahan yangdihadapi oleh PMI di Hong Kong. Dari pennelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa komunikasi krisisyang dilakukan oleh KJRI Hong Kong memberikan dampak positif bagi keberlangsungan aktivitas bekerja PMI diHong Kong terbukti dari lahirnya perasaan aman dan nyaman yang dirasakan oleh PMI di Hong Kong.

format_quote
Citation
file_copyCopy
KAUTSAR, Aldry; DIRGANTARA, Pradipta. KOMUNIKASI KRISIS KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA (KJRI) HONG KONG DALAM MENGHADAPI KASUS PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI HONG KONG TAHUN 2018 - 2023. Journal of Communication, Business and Social Science (JCOBS), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5-9, july 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jcobs/article/view/7423>. Date accessed: 22 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jcobs.v2i1.7423.