AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING MIXAGRIP MELALUI TRANSPORTASI COMMUTER LINE

person Farah Dhiba
person Ayub Ilfandy
alternate_email

Sebagai brand legendaris yang telah hadir sejak tahun 1978, Mixagrip seringkali dipersepsikan sebagai obat kuno dan kurang menarik, sehingga Mixagrip memiliki tantangan untuk melakukan refreshment atau pembaharuan pada brand image yang dimiliki melalui aktivitas rebranding. Salah satu aktivitas marketing public relations yang dilakukan oleh Mixagrip adalah rebranding melalui gerbong KRL Commuter Line jurusan Bogor – Jakarta Kota yang menunjukkan ilustrasi yang melekat dengan identitas brand yang dipasang pada satu gerbong di bagian luar dan dalam. Mixagrip membawa jargon “Anti Skip Hari” dan memadukan warna merah, kuning dan hijau serta kalimat-kalimat penyemangat bagi kaum pekerja yang menjadi sasaran audiensnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas marketing public relations dalam rebranding Mixagrip melalui transportasi commuter line. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap keempat informan yang merupakan pihak internal dari Mixagrip dan pihak creative agency yang ditunjuk untuk melakukan eksekusi aktivitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas marketing public relations dalam rebranding Mixagrip melalui transportasi commuter line mencapai tujuan recognition (terdapat peningkatan pada brand image dan market share), relationship (membangun hubungan dengan audiens melalui perpaduan pesan emosional dan fungsional), differentiation (satu-satunya brand obat di industri farmasi yang melakukan branding pada commuter line dengan menggunakan pendekatan emosional) dan added value (memberikan kesan emosional sebagai sosok yang suportif bagi target audiensnya agar tetap produktif meskipun sakit flu & batuk).

format_quote
Citation
file_copyCopy
DHIBA, Farah; ILFANDY, Ayub. AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING MIXAGRIP MELALUI TRANSPORTASI COMMUTER LINE. Journal of Communication, Business and Social Science (JCOBS), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 34-36, july 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jcobs/article/view/7570>. Date accessed: 22 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jcobs.v2i1.7570.