AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING MIXAGRIP MELALUI TRANSPORTASI COMMUTER LINE
DOI:
https://doi.org/10.25124/jcobs.v2i1.7570Keywords:
Aktivitas Marketing Public Relations, Commuter Line, Mixagrip, RebrandingAbstract
Sebagai brand legendaris yang telah hadir sejak tahun 1978, Mixagrip seringkali dipersepsikan sebagai obat kuno dan kurang menarik, sehingga Mixagrip memiliki tantangan untuk melakukan refreshment atau pembaharuan pada brand image yang dimiliki melalui aktivitas rebranding. Salah satu aktivitas marketing public relations yang dilakukan oleh Mixagrip adalah rebranding melalui gerbong KRL Commuter Line jurusan Bogor – Jakarta Kota yang menunjukkan ilustrasi yang melekat dengan identitas brand yang dipasang pada satu gerbong di bagian luar dan dalam. Mixagrip membawa jargon “Anti Skip Hari” dan memadukan warna merah, kuning dan hijau serta kalimat-kalimat penyemangat bagi kaum pekerja yang menjadi sasaran audiensnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas marketing public relations dalam rebranding Mixagrip melalui transportasi commuter line. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap keempat informan yang merupakan pihak internal dari Mixagrip dan pihak creative agency yang ditunjuk untuk melakukan eksekusi aktivitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas marketing public relations dalam rebranding Mixagrip melalui transportasi commuter line mencapai tujuan recognition (terdapat peningkatan pada brand image dan market share), relationship (membangun hubungan dengan audiens melalui perpaduan pesan emosional dan fungsional), differentiation (satu-satunya brand obat di industri farmasi yang melakukan branding pada commuter line dengan menggunakan pendekatan emosional) dan added value (memberikan kesan emosional sebagai sosok yang suportif bagi target audiensnya agar tetap produktif meskipun sakit flu & batuk).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.