KAJIAN KECANTIKAN KAUM PEREMPUAN DALAM IKLAN

  • Ira Wirasari Institut Teknologi Bandung

Abstract

Kecantikan kaum perempuan selalu menjadi pembicaraan dan trend tersendiri dalam masyarakat. Kecantikan kaum perempuan yang sangat beragam tidak terbatas pada kecantikan wajah, tetapi juga kecantikan warna kulit, tubuh, rambut dan yang lainnya, menjadikan kaum perempuan target audience yang utama dalam dunia periklanan. Namun kini banyak pengiklan yang menggunakan model iklan perempuan khas Indonesia sebagai model iklannya, sehingga objek pembahasan adalah kecantikan khas perempuan Indonesia yang ditampilkan atau digunakan di dalam iklan media cetak berdasarkan latar belakang sosial budaya yang berkembang di Indonesia. Trend kecantikan perempuan umumnya banyak dipengaruhi oleh latar belakang sosial budaya suatu masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis semiotika serta kajian perempuan untuk memberikan gambaran mengenai tampilan visual perempuan yang terdapat di dalam iklan media televisi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tampilan perempuan dengan ciri khas Indonesia, warna kulit cokelat, merepresentasikan keberpihakan pengiklan pada segmen sasaran, sekaligus mempersuasi agar melakukan pembelian produk.

 

Kata kunci: Kecantikan, Perempuan, Iklan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
How to Cite
WIRASARI, Ira. KAJIAN KECANTIKAN KAUM PEREMPUAN DALAM IKLAN. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], p. 146-156, sep. 2016. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/278>. Date accessed: 01 june 2020. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v1i02.278.