Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai dan Kepuasan

  • Sabri Hasan Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia
  • Aditya Halim Perdana Kusuma Putra Manunggal Halim Jaya

Abstract

Tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia antara lain memuat harapan agar penduduk Indonesia memiliki kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut telah dilaksanakan berbagai upaya pembangunan meliputi infrastruktur, kualitas tenaga medis, akses, proses pelayanan kesehatan dan perilaku professional yang ditunjukkan oleh pihak rumah sakit. Secara objektif tujuan daripada penelitian ini adalah untuk menganalisa loyalitas pasien dari perspektif kualitas layanan, citra, nilai dan kepuasan pasien rumah sakit di Kota Makassar. Jumlah sampel penelitian ini adalah 296 Responden pasien rawat inap rumah sakit tipe B di kota Makassar yang dipilih berdasarkan accidental random sampling. Alat uji analisis menggunakan SEM yang diolah statistik menggunakan AMOS. Hasil penelitian ini adalah Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra rumah sakit. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap nilai pasien. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Citra rumah sakit berpengaruh signifikan terhadap nilai pasien. Citra rumah sakit tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Citra rumah sakit tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Nilai pasien berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien. Kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-11
How to Cite
HASAN, Sabri; PUTRA, Aditya Halim Perdana Kusuma. Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai dan Kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 18, n. 3, p. 184-196, jan. 2019. ISSN 2502-3713. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/1731>. Date accessed: 23 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/jmi.v18i3.1731.