PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN PROMOSI SASIRANGAN BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v3i1.1204Abstract
Sasirangan sebagai warisan budaya merupakan kain khas dari Suku Banjar Kalimantan Selatan yang memiliki ciri khas pada motif dan warna yang cerah. Ciri keraji nan ini khususnya di Kota Banjarbaru, diinovasi dengan penambahan bordir yang membuat motif sirang lebih terlihat cerah dan timbul dibandingkan Sasirangan biasa. Namun awareness masyarakat mengenai Sasirangan Bordir Banjarbar masih kurang karena promosi yang dilakukan belum optimal. Hal ini menyebabkan pemasaran dan penjualan Sasirangan Bordir Banjarbaru belum memenuhi target. Untuk pengumpulan data, Instrumen yang digunakan adalah pengamatan visual, wawancara, kuesioner danstudi pustaka. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan matriks perbandingan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan identitas visual dan kemasan serta melakukan promosi yang sesuai dan tepat sasaran sangat diperlukan agar masyarakat dan wisatawan menyadari akan adanya produk ini. Hasil perancangan ini difokuskan pada unsur etnik dan inovasi produk yang divisualisasikan dengan tren visual dan desain saat ini. Hasil perancangan ini mampu membantu pihak Dekranasda sebagai pengembang dan fasilitator untuk membangun kesadaran merk masyarakat dan wisatawan serta meningkatkan penjualan Sasirangan Banjarbaru.