Analisis Retorika Visual Konten Iklan Produk Pada Account Instagram Bank BNI

  • Sonson Nurusholih Telkom University

Abstract

Sebagai media yang dirasa cukup efektif dalam menyampaikan pesan, foto banyak digunakan para produsen untuk menyampaikan informasi dan cara berkomunikasi dengan konsumen. Seperti yang di lakukan Bank BNI yang menggunakan foto sebagai sarana menyampaikan informasi dan komunikasi dalam kegiatan promosinya. Fokus masalah yang akan di teliti dengan kegiatan promosi dari Bank BNI adalah pesan visual yang ada dalam setiap promosi iklan kreatifnya yang menggunakan gaya pesan retorika dimana pesan yang ingin disampaikan tidak secara eksplisit sebagaimana umumnya foto produk komersial.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan pesan retorika visual apa yang di tampilkan pada beberapa konten yang disampaikan dalam account Instagram Bank BNI. Untuk teorinya, penulis menggunakan teori retorika visual dari Sonja K. Foss, dan untuk menganalisisnya digunakan analisis semiotika Barthes. Sementara untuk metode penelitiannya, digunakan metode kualitatif dengan pengambaran secara deskritif.


Hasil analisi pada setiap kegiatan konten Bank BNI di Instagram, ditemukan visual yang muncul adalah foto-foto yang tidak eksplisit berhubungan langsung dengan pesan promosi yang ingin di sampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-02
How to Cite
NURUSHOLIH, Sonson. Analisis Retorika Visual Konten Iklan Produk Pada Account Instagram Bank BNI. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 199-214, nov. 2019. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1935>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v4i2.1935.