PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR INTERAKTIF LIFT A FLAP UNTUK MEMBANTU KETERLAMBATAN WICARA ANAK ASD (AUTISM SPECTRUM DISORDER) DI RUMAH

  • Mohamad Dzikri Alhamdi
  • Hafiz Aziz Ahmad
  • Riama Maslan Sihombing

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan psikologi pada anak yang memengaruhi kelainan pada perkembangan perpasif otak yang mengakibatkan terganggunya kemampuan bahasa dan perilaku. Hal tersebut mendasari bagi lembaga pendidikan khusus seperti Lembaga Pendidikan Autisma Prananda Bandung (LPAPB) untuk merancang program berbasis media grafis sebagai strategi untuk membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi ekspresif anak ASD di lembaga dan dirumah dengan metode Home Based Program, yang mendasari adalah karena kesulitannya dalam berlatih pembendaharaan kosakata dasar sehingga mengakibatkan maksud dan keinginannya sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan sarana pembelajaran anak ASD High Function untuk mempelajari kosakata, kategori kosakata dan merangkai kata melalui Home Based Program di LPAPB. Metode perancangan ini menggunakan Human Centered Design (HCD) melalui tahapan Observation, Idea Generation, Prototype dan Test yang mengadopsi metode Double Diamond dengan alat uji hasil perancangan yang bernama Human Centered Design Toolkit yang mengutamakan aspek kebutuhan, kemampuan dan perilaku pengguna sebagai dasar perancangan dengan efektif. Hasil penelitian ini berupa buku bergambar interaktif lift a flap sebagai alternatif media grafis dengan implementasi konten pengembangkan kemampuan pembendaharaan kosakata, pengategorian serta perangkaian kata melalui Home Based Program. Hasil pengujian menunjukan; buku bergambar interaktif lift a flap dapat menjadi media grafis alternatif yang efektif, sebagai upaya pengembangan media pembelajaran khusus anak ASD.

Kata Kunci: ASD High Function, home based program, buku bergambar interaktif lift a flap, kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-31
How to Cite
ALHAMDI, Mohamad Dzikri; AHMAD, Hafiz Aziz; SIHOMBING, Riama Maslan. PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR INTERAKTIF LIFT A FLAP UNTUK MEMBANTU KETERLAMBATAN WICARA ANAK ASD (AUTISM SPECTRUM DISORDER) DI RUMAH. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 1 - 20, mar. 2020. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/2715>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v5i01.2715.