DAYA TARIK DESAIN KARAKTER “SI METON”

  • Hasbullah - Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Hendra Santosa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Swandi Institut Seni Indonesia Denpasar

Abstract

Desain Karakter “Si Meton” merupakan pemenang sayembara jingle dan maskot yang diselenggarakan KPUD Provinsi NTB tahun 2017. Meskipun “Si Meton” menggambarkan patron budaya sebagai daya tarik promosi Pilkada NTB tahun 2018, rupanya belum tentu dapat dipahami sebagian besar masyarakat NTB. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini akan menyorot daya tarik desain karakter “Si Meton” yang mendapat juara pertama pada sayembara jingle dan maskot yang diselenggarakan KPUD NTB tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan landasan teori estetika postmodern Piliang dan teori prinsip penggambaran karakter animasi Walt Disney. Hasilnya, terdapat daya tarik dua unsur budaya yang berbeda yaitu budaya masa lalu membentuk keindahan yang mengarah pada pastiche dan parodi dengan membentuk penjiwaan karakter yang baru. Manfaat penelitian ini untuk mengembangkan pemahaman daya tarik dari keindahan pastiche, parodi dan kesan yang tercipta dalam desain karakter.


Kata Kunci: Daya Tarik, Desain karakter, “Si Meton”, Parodi, Pastiche.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-20
How to Cite
-, Hasbullah; SANTOSA, Hendra; SWANDI, I Wayan. DAYA TARIK DESAIN KARAKTER “SI METON”. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26- 44, jan. 2021. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/2823>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2823.