THE BAHASA RUPA APLIKASI EDUKASI BATIK NUSANTARA

Authors

  • Farid Abdullah Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bandi Sobandi
  • Dewi M. Sya’bani
  • Nurul Hidayah
  • Bambang Tri Wardoyo
  • Akkapurlaura ,

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2941

Keywords:

batik, design, applications, educative, archipelago

Abstract

Permasalahan selama dalam mempelajari batik adalah sesuatu yang rumit, kurang menyenangkan, serius, dan relatif sulit dipahami bagi usia awal. Mempelajari Batik Nusantara sesungguhnya dapat dilakukan melalui berbagai cara, namun terbaik disajikan edukatif, menyenangkan, bermain, dan mudah dipahami. Batik Nusantara merupakan salah satu media aplikasi edukasi yang sangat interaktif, memiliki tampilan rupa (user interface) mudah dipahami berbagai usia, mudah diunduh (download), dan tanpa berbayar. Metode tulisan ini adalah deskriptif-kualitatif, dengan mengunduh berbagai tampilan visual muka aplikasi edukasi Batik Nusantara kemudian dikaji memakai prinsip-prinsip Bahasa Rupa Primadi Tabrani. Hasil kajian aplikasi edukasi Batik Nusantara memakai Bahasa Rupa memperlihatkan kesesuaian visual Bahasa Rupa dengan pemahaman pengguna (user) untuk mengenal lebih dalam Batik Nusantara. Manfaat penelitian ini adalah aplikasi edukasi Batik Nusantara dan aplikasi-aplikasi digital lainnya dapat dikaji melalui prinsip-prinsip Bahasa Rupa yang membantu pemahaman pengguna menjadi lebih mudah.

Kata kunci: desain, Bahasa Rupa, aplikasi edukasi, Batik Nusantara

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-02-08