TANDA DALAM KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT : ANALISIS SEMIOTIKA PEIRCE

  • Mukhsin Patriansah Universitas Indo Global Mandiri
  • Ria Sapitri

Abstract

Poster sebagai sebuah media di dalamnya terdapat sistem penandaan melalui tanda verbal dan visual. Sebagai sistem penandaan “pengkodean” dalam semiotika visual melekat fungsi komunikasi dari wujud sebuah tanda yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima pesan. Tanda dalam representatifnya memiliki aturan dan kode-kode yang harus diikuti dan dipatuhi, agar tanda tersebut bisa diterima dan dapat dimaknai oleh masyarakat pendukungnya. Baik tanda verbal ataupun tanda visual yang disajikan dalam poster Iklan Layanan Masyarakat cukup menarik untuk ditelusuri pesan dan makna yang terkandung di dalamnya dengan menggunakan pendekatan ilmu semiotika yang dikemukakan oleh Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem tanda yang terdapat dalam poster Iklan Layanan Masyarakat. Hasil kajian yang diperoleh melalui pengamatan terhadap sistem penandaan yang disajikan terdapat pesan berupa himbauan bahaya yang ditimbulkan dari sampah plastik. Melalui poster ini diharapkan mampu meminimalisir penggunaan sampah plastik yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan. Informasi inilah yang disampaikan Iga Adila sebagai aktivis sosial dan lingkungan di dalam wujud karya posternya.


Kata kunci: sampah plastik, iklan layanan masyarakat, semiotika

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-14
How to Cite
PATRIANSAH, Mukhsin; SAPITRI, Ria. TANDA DALAM KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT : ANALISIS SEMIOTIKA PEIRCE. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 101 - 120, mar. 2022. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/3654>. Date accessed: 27 june 2022. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3654.