KAJIAN SOSOK NAGA PADA IKLAN SUSU BEAR BRAND 2015 & 2021 DALAM SUDUT PANDANG POSTMODERNISM

Authors

  • Alfian Candra Ayuswantana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Yurif Setya Darmawan
  • Ratna Andriani Nastiti

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3836

Keywords:

Citra Naga, Iklan Televisi, Bearbrand, Semiotika visual, Postmodernisme

Abstract

Fenomena panic buying susu kaleng Bear Brand periode Juni-Juli 2021 seiring dengan merebaknya gelombang kedua COVID-19 di Indonesia menarik untuk kembali menelaah strategi komunikasi iklan televisi produk Bear Brand hingga mampu menggerakkan target pasarnya melakukan panic buying tersebut. Penetrasi ceruk pasar Bear Brand sebagai susu pasteurisasi memberi daya tarik tersendiri kepada pasar yang menerimanya. Tidak seperti susu kemasan lainnya Bear Brand dikenal masyarakat luas sebagai “obat” untuk rekondisi pemulihan ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat. Bear Brand dalam menjaga kelanggengan brand image dirinya senantiasa menggunakan iklan sebagai salah satu media bujukan/rayuan. Dalam Iklan Televisi Bear Brand tahun 2015 & 2021, Sosok Naga menjadi aktor utama dan sebagai sebuah penanda kekuatan sekaligus sebagai representasi susu Bear Brand. Kajian ini berfokus untuk menelisik lebih dalam bagaimana sosok naga dalam iklan tersebut membangun rangkaian pesan untuk membangun brand image susu Bear Brand. Analisis makna iklan menggunakan metode semiotika visual yang ditinjau dari sudut pandang posmodern. Hasil kajian ini, sosok citra Naga dalam iklan televisi Bear Brand tahun 2015 & 2021 merupakan alat utama dalam menanamkan mitos image brand Bear Brand bukan susu kaleng pada umumnya.

Kata kunci: citra naga/ long, iklan televisi, bear brand, semiotika visual

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-09