PENGARUH GRAFIS VERNAKULAR DAN TIPOGRAFI VERNAKULAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DESAIN SPANDUK WARUNG TENDA DI SURABAYA

  • Rendy Iswanto Universitas Ciputra

Abstract

Warung Tenda terus bertambah, pada tahun 2012 terdapat ada sebanyak 13.015 Warung tenda yang tersebar di 489 titik di seluruh penjuru kota Surabaya. Tingginya jumlah warung tenda di Surabaya ini menandakan tingginya angka persaingan antara Warung Tenda. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh para warung tenda ini adalah dengan desain spanduk yang berguna untuk menunjukkan identitas sebagai pembeda dengan warung tenda kompetitornya. Desain spanduk warung tenda ini lebih dikenal dengan gaya desain vernakular dikerjakan oleh pengrajin spanduk warung tenda. Akan tetapi para pengrajin spanduk warung ini banyak yang tidak mendapatkan ilmu desain grafis terutama dalam bidang layout dan tipografi, hal ini bisa dilihat dari desain desain spanduk yang sudah ada sering sekali terdapat kemiripan akan satu desain dgn desain yang lain, yang tentu saja hal ini tidak dapat membantu para pemilik warung tenda untuk menghadapi persaingan yang ketat. Untuk mencapai hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian agar dapat mengetahui akan pengaruh Grafis (X1) dan Tipografi Vernakular (X2) terhadap keputusan pembelian akan warung tenda (Y), Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Illustrasi dan Tipografi vernakular terhadap keputusan pembelian pada warung tenda di surabaya dan variabel mana yang lebih dominan. Manfaat dari penelitian diharapkan bisa memberikan insight dan inspirasi pada para pengrajin spanduk vernakular untuk warung tenda agar bisa menyampaikan informasi yang lebih efektif dan juga bisa memberikan pengetahuan pagi para akademisi dibidang desain grafis.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-09
How to Cite
ISWANTO, Rendy. PENGARUH GRAFIS VERNAKULAR DAN TIPOGRAFI VERNAKULAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DESAIN SPANDUK WARUNG TENDA DI SURABAYA. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 23 - 44, mar. 2022. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/3892>. Date accessed: 27 june 2022. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3892.