ANALISIS SEMIOTIKA ORNAMEN PADA KEMASAN PRODUK LOKAL MINUMAN HERBAVERA
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3939Keywords:
Pola, ornamen, budaya, kemasan, semiotika Pola, ornamen, budaya, kemasan, semiotikaAbstract
Perusahaan maupun individu dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan produknya agar terdapat nilai tambah di dalamnya. Desain pada kemasan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah nilai dan memberikan pengalaman lebih kepada konsumen. Pemberian nilai budaya pada desain kemasan dapat menjadi salah satu alternatif untuk menambah nilai kepada produk lokal. Selain membuat tampilan yang menarik, dan dapat memperkuat identitas produk sebagai produk lokal. Herbavera adalah produk lokal olahan lidah buaya, yang memiliki sebuah kemasan dengan pendekatan budaya dalam desain kemasannya. Peneliti melakukan analisis terhadap pola yang terdapat pada kemasan Herbavera untuk mengetahui makna pada penggambarannya. Data didapatkan melalui observasi dan dilakukan analisis dengan menggunakan metode teori semiotika segitiga Peirce. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa pola tersebut dibuat secara abstraksi dengan menggabungkan bentuk-bentuk dan warna buah sesuai varian rasa produk. Pola pada ornamen dibuat sederhana dengan memodifikasi bentuk Kawung.
Kata kunci: budaya, kemasan, ornamen, pola, semiotika