EVALUASI USER EXPERIENCE PADA ANGKOT STOP SIGNAGE MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Authors

  • intan suci lestari Binus University Bandung
  • Aria Ar Razi

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.4120

Keywords:

evaluation, visual communication, user experience, signage

Abstract

ANGKOT stop signage adalah media komunikasi visual yang biasanya ditempatkan di Kawasan pejalan kaki. Signage ini berfungsi sebagai tanda di mana ANGKOT harus berhenti dan menjadi tempat penumpang menunggu angkutan umum tersebut. Tujuan dari signage tersebut adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib menggunakan angkutan umum agar berhenti dan menunggu di tempat yang telah disediakan sehingga dapat mengurangi resiko kemacetan dan kecelakaan. Pada kenyataannya, tanda-tanda ini jarang sekali diperhatikan dan digunakan. Pada tahun 2016, Dinas Perhubungan Kota Bandung menerapkan desain ANGKOT stop sign terbaru yang sudah dilengkapi dengan informasi lengkap rute ANGKOT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ANGKOT stop signage berdasarkan pengalaman pengguna dengan menggunakan UEQ (user experience questionnaire). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai reliabilitas setiap aspek pada komponen objek penelitian berbeda-beda. Hal ini juga membuktikan bahwa ANGKOT stop signage ini belum memenuhi kebutuhan masyarakat, belum mampu menciptakan kebiasaan bagi masyarakat untuk menggunakan fasilitas tersebut sebagaimana mestinya. Dapat disimpulkan bahwa nilai reliabilitas tiap objek menghasilkan nilai yang berbeda. Hal ini menjadi temuan baru dari pengembangan UEQ.

Kata kunci: evaluasi, environmental graphic design, signage, user experience questionnaire

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-14