PERANCANGAN POSTER EDUKATIF MENGENAI PENCEGAHAN COVID-19 UNTUK ANAK PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR

  • Jessica Yonatia lecturer
  • Elizabeth Susanti

Abstract

Penyakit COVID-19 yang menyebabkan infeksi sistem pernafasan manusia dan menular dengan cepat masih menjadi pandemi di seluruh dunia, karena itu penting sekali memahami keadaan new normal dan menjalankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Anak-anak pra sekolah sampai dengan sekolah dasar termasuk kategori kelompok yang perlu lebih sering diingatkan dan disosialisasikan karena pada usia ini biasanya kesadaran akan kebersihan masih kurang. Penelitian ini berupa pembuatan lima desain poster edukatif yang didasari teori untuk mengkomunikasikan protokol kesehatan kepada para peserta didik di Sekolah St. Yusup, Bandung. Media poster berfungsi untuk menyampaikan informasi dengan tampilan ilustrasi, huruf, warna, dan jenis layout yang disusun secara menarik dan informatif, sesuai dengan jangkauan umur dan karakteristik para peserta didiknya. Penelitian ini dilakukan agar dapat mengedukasi dan membangkitkan kesadaran para murid atas hal-hal penting yang wajib diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menerapkan observasi, wawancara terstruktur dan analisis data. Simpulan yang diambil dari penelitian pembuatan poster edukatif ini bahwa secara efektif peserta didik akan selalu diingatkan untuk menjalani protokol kesehatan, sehingga kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatanmuncul, dan secara otomatis angka kasus COVID-19 dapat ditekan.


Kata kunci: covid-19, new normal, poster edukatif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
How to Cite
YONATIA, Jessica; SUSANTI, Elizabeth. PERANCANGAN POSTER EDUKATIF MENGENAI PENCEGAHAN COVID-19 UNTUK ANAK PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 291-316, oct. 2022. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/4341>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v7i2.4341.