KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM ACARA SONAR (SONG INFORMATION AND REPORTS) DI RADIO SONORA 93.3 FM BANDUNG

  • Agustrijanto Agustrijanto Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Altobeli Lobodally

Abstract

Peran radio telah mengalami perkembangan dan perubahan yang signifikan. Radio Sonora 93.3 FM Bandung merupakan salah satu radio yang memedulikan kesehatan masyarakat. Pesan-pesan kesehatan disisipkan dalam acara SONAR (Song Information and Reports). Melalui acara ini, pendengar bebas terhibur sekaligus teredukasi melalui informasi kesehatan yang disampaikannya. SONAR menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit ternama di Bandung sehingga informasi yang disampaikan lebih meyakinkan dan menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana radio Sonora mengomunikasikan pesan-pesan kesehatan melalui acara SONAR. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi kesehatan sebagai dasar dan dikembangkan melalui konsep promosi program kesehatan yang menggunakan media radio. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah Radio Sonora. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program SONAR dilakukan dengn pendekatan persuasif yang mendepankan karakter kepenyiaran. Simpulan dan manfaat penelitian ini adalah pemirsa mendapatkan pengetahuan kesehatan yang lebih baik langsung dari para pakarnya.


Kata kunci: komunikasi kesehatan, musik, program radio, promosi, radio

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
How to Cite
AGUSTRIJANTO, Agustrijanto; LOBODALLY, Altobeli. KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM ACARA SONAR (SONG INFORMATION AND REPORTS) DI RADIO SONORA 93.3 FM BANDUNG. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 265-290, oct. 2022. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/4505>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v7i2.4505.