Paradigma Kajian Visual Semiotika dan Mise en scene dalam Film dan Iklan

Authors

  • Deni Kristanto Jurnal Kajian Seni

Keywords:

film, iklan, kajian visual, mise en scene, semiotika

Abstract

Kajian visual menjadi salah satu pendekatan fenomenologi untuk media media rekam khususnya film dan iklan berbasis audio visual. Mise en scene dan semiotika, kedua kajian tersebut sering diterapkan oleh akademisi baik dalam objek sastra, komunikasi, desain, televisi, maupun film. Semua kajian yang ingin menguak makna intrinsik selalu mewacanakan pendekatan semiotika visual, sedangkan mise en scene hanya sebatas menjelaskan kebutuhan teknis atau kebutuhan naratif. Dengan demikian, dilakukan suatu tinjauan tentang paradigma kajian visual semiotika dan mise en scene dalam objek film dan iklan sebab keduanya paling banyak dijumpai dalam artikel ilmiah. Kajian ini dilakukan selayaknya tinjauan pustaka dengan melakukan tinjauan ke beberapa artikel dalam dua tahun terakhir mulai dari 2021 hingga 2022 yang bertema kajian semiotika dan mise en scene khususnya film atau iklan Indonesia yang terindeks Sinta 2. Hasil yang ditemukan bahwa layaknya semiotika visual yang mampu mengekstraksi nilai ideologi di dalam ‘tanda’ film atau iklan, mise en scene selain teknis pembuatan film, juga berperan dalam mengungkapkan maksud yang bersifat kontekstual di dalam karya audio visual, yang mampu merekonstruksi suatu ideologi melalui aspek-aspek teknis visual yang sudah disepakati. Penelitian ini dapat memberikan model kajian atau paradigma berfikir yang baru bahwa mise en scene dalam kajian ilmiah juga dapat memahami ideologi tertentu selayaknya makna yang diperoleh semiotika melalui tanda. 

 

Kata kunci: film, iklan, kajian visual, mise en scene, semiotika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Deni Kristanto, Jurnal Kajian Seni

ORCID ID : 0000-0002-4346-7810

Published

2024-09-27