Karya Gambar Anak Sebagai Basis Visual Pemodelan Karakter 3D
Abstract
Gambar anak, dari beberapa publikasi, telah digunakan sebagai basis kreatif para perupa untuk menciptakan berbagai karya. Fenomena ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat bahwa dalam dunia pendidikan anak usia dini, menggambar adalah kemampuan motorik halus anak yang dilatihkan. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa sejauh mana potensi kreatif gambar anak, pada tingkat perkembangan tertentu, potensial digunakan sebagai basis kreatif penciptaan karakter trimatra (3D). Metode yang dipakai adalah metode eksperimen dengan subyek anak yang dipaparkan pada suatu cerita anak. Hasil perancangan adalah dua buah karakter dari cerita rakyat Timun Emas yang nantinya dapat digunakan sebagai bagian dari karakter untuk sebuah film animasi.
Kata kunci: gambar, anak, pendidikan, eksperimen, karakter 3D
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.