KARYA GAMBAR ANAK SEBAGAI BASIS VISUAL PEMODELAN KARAKTER 3D

Authors

  • Bernardus Andang Prasetya Adiwibawa Universitas Dian Nuswantoro
  • Deddy Award Widya Laksana Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v9i2.6795

Keywords:

gambar, anak, pendidikan, eksperimen, karakter 3D

Abstract

Gambar anak, dari beberapa publikasi, telah digunakan sebagai basis kreatif
para perupa untuk menciptakan berbagai karya. Fenomena ini menjadi menarik untuk
dikaji mengingat bahwa dalam dunia pendidikan anak usia dini, menggambar adalah
kemampuan motorik halus anak yang dilatihkan. Penelitian ini dilakukan untuk
memeriksa sejauh mana potensi kreatif gambar anak, pada tingkat perkembangan
tertentu, potensial digunakan sebagai basis kreatif penciptaan karakter trimatra (3D).
Metode yang dipakai adalah metode eksperimen dengan subjek anak yang dipaparkan
pada suatu cerita anak. Hasil perancangan adalah dua buah karakter dari cerita rakyat
Timun Emas yang nantinya dapat digunakan sebagai bagian dari karakter untuk sebuah
film animasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-27