Makna Perubahan Logo PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Hubungannya dengan Citra Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v9i2.7245Keywords:
citra perusahaan, corporate rebranding, makna logo, semiotika pierce.Abstract
erusahaan sering kali melakukan perubahan logo sebagai strategi untuk memperbaharui identitas visual dan mencerminkan nilai-nilai perusahaan yang berkembang. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk adalah perusahaan BUMN sebagai produsen baja terbesar di Indonesia yang telah melakukan rebranding. Dilatar belakangi dari permasalahan kerugian perusahaan sejak tahun 2012 hingga 2020. Pada kuartal pertama di tahun 2020, Krakatau Steel mencatat keuntungan pertamanya sejak delapan tahun terakhir dan saat itu perusahaan melakukan upaya untuk mengubah identitas visualnya setelah 50 tahun dikenal masyarakat dengan logo yang lama. Penelitian mengidentifikasi dan menganalisis tanda-tanda visual dalam logo baru sebagai representasi simbolik dari nilai-nilai dan identitas perusahaan. Penelitian menggunakan model triadik dari teori semiotika Peirce untuk menguraikan tiga aspek berupa objek, representamen (mewakil) dan interpretant (tafsir) yang terkandung dalam logo Krakatau Steel. Hasil analisis menunjukan bahwa perubahan logo mencerminkan transformasi filosofis perusahaan menuju modernitas dan kebangkitan. Elemen-elemen seperti warna, tipografi dan bentuk yang ada pada logo baru Krakatau Steel membentuk visual yang lebih dinamis dan mencerminkan visi masa depan dan nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perubahan logo dapat menjadi instrumen penting dalam membangun dan memperkuat citra perusahaan.
Kata kunci: citra perusahaan, corporate rebranding, krakatau steel, semiotika peirce.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.