PERANCANGAN PRODUCT CATALOG ARDENT OFFICE FURNITURE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN KURSI KANTOR
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v9i2.7263Keywords:
media pemasaran, catalog product, design thinking, media promosiAbstract
Salah satu media pemasaran yang saat ini sangat dibutuhkan berupa produk
pemasaran dengan berbasis advanced terkait dengan informasi produk yang ingin
dipasarkan berupa, spesifikasi, warna, kategori jumlah produk yang dapat diketahui
oleh calon konsumen dengan mudah dimengerti dan jelas. Pada umumnya, media
pemasaran merupakan suatu kolaborasi dalam bidang keilmuan manajemen dengan
bidang desain komunikasi visual yang diharapkan mampu memberikan solusi terkait
saluran pemasaran dengan berbasis computerized yang mudah diakses, lengkap, dan
menjawab permasalahan dari tim pemasaran dan marketing. Tujuan penelitian ini
guna menghasilkan media pemasaran yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai
media informasi dan media promosi berbasis digital berupa product catalog pada CV.
Ardent Furnitur. Urgensi penelitian ini berupa produk catalog perusahaan guna
melengkapi sarana media promosi perusahaan, yang diperlukan oleh tim pemasaran
dan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa lima langkah
teknik berpikir desain atau yang dikenal dengan istilah design thinking. Dianalisis
menggunakan lima langkah design thinking, ditulis secara naratif-deskriptif, dimana
penulis berperan sebagai desainer merancang produk, mendeskripsi konsep hingga
finalisasi produk. Teknik analisis yang digunakan dengan menjadikan tim pemasaran
dan marketing sebagai responden melalui tahapan wawancara pada saat observasi
lapangan, sedangkan sumber data sekunder berupa referensi buku, serta jurnal yang
memuat studi serupa. Dengan demikian, dihasilkan desain buku katalog dan ecatalog yang tepat guna, kemudian dapat dimanfaatkan sebagai media promosi oleh tim pemasaran dan marketing dari CV Ardent Furnitur.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.