EFEKTIVITAS KONTEN INSTAGRAM SYNCHRONIZE FESTIVAL 2023 DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL AISAS
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v9i2.7328Keywords:
Komunikasi pemasaran, AISAS, Synchronize Festival 2023, Instagram, minat pengunjungAbstract
Synchronize Festival merupakan sebuah festival musik tahunan yang
berhasil menyatukan para artis lokal dengan berbagai genre musik. Synchronize
Festival sukses membuktikan komitmennya dalam menciptakan pengalaman
menarik bagi penikmat musik melalui promosi aktif di media sosial. Dalam
menghadapi persaingan festival musik, penyelenggara Synchronize Festival dituntut
untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dibandingkan dengan para
kompetitor lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, strategi komunikasi
pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam rangka untuk
mempromosikan produk/ jasa yang ditawarkan kepada audiens. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran AISAS dengan
pendekatan rasional dan emosional pada konten Instagram Synchronize Festival
2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan
mengambil studi kasus festival musik yang diselenggarakan oleh Demajors. Dalam
penelitian ini terdapat pengkajian pada aspek visual konten Instagram Synchronize
Festival yang dibatasi pada aspek warna dan gaya ilustrasi, serta pengkajian pada
aspek efektivitas dalam menarik minat pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penggunaan kombinasi gaya ilustrasi komikal khas 80-90an dengan warna
cerah tekstur grunge dan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh
Synchronize Festival 2023 dengan model AISAS, berhasil dalam meningkatkan minat
pengunjung terhadap acara tersebut. Hal ini didasarkan pada kenaikan engagement
media sosial Instagram mereka sebesar 102,12% dalam periode 2022 hingga 2023.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.