EFEKTIVITAS INSTAGRAM SYNCHRONIZE FESTIVAL 2023 DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DENGAN PENDEKATAN MODEL AISAS

Authors

  • Anindya Wiraprasasta
  • Bintang Nugraha TELKOM UNIVERSITY
  • Ira Wirasari

Keywords:

Komunikasi pemasaran, AISAS, Synchronize Festival 2023, Instagram, minat pengunjung

Abstract

Synchronize Festival merupakan sebuah festival musik rutin tahunan yang berhasil menyatukan para artis lokal dengan berbagai genre musik. Synchronize Festival sukses membuktikan komitmennya dalam menciptakan pengalaman menarik bagi penikmat musik melalui promosi aktif di media sosial. Dalam industri festival musik Indonesia, ada beberapa acara menarik lainnya, seperti Soundrenaline, Pestapora, Joyland, dan Pasar Musik. Setiap penyelenggara dituntut untuk menciptakan sesuatu yang unik dengan menghadirkan artis tamu spesial dan berbagai acara pendukung lainnya. Langkah pertama dalam memperkenalkan produk kepada pelanggan adalah dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan model AISAS untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pada media sosial Instagram yang digunakan pada Synchronize Festival 2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus festival musik yang diselenggarakan oleh Demajors. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode komunikasi digital yang digunakan oleh Synchronize Festival dengan model AISAS, berhasil dalam mempromosikan Synchronize Festival 2023 di platform Instagram yang didasarkan pada kenaikan engagement media sosial Instagram mereka sebesar 102,12% dalam periode 2022 hingga 2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-11