Issue | Vol. 10 No. 1 (2025) |
Release | 10 June 2025 |
Section | Articles |
Promosi yang dilakukan di media sosial, seperti Instagram dan Youtube berpeluang besar untuk dilihat masyarakat, karena kedua jenis media sosial ini begitu digemari masyarakat Indonesia. Film Petualangan Sherina 2 melakukan promosi di kedua jenis media sosial tersebut dan terbukti sukses meraih banyak penghargaan, salah satunya penghargaan dari ‘Indonesia Trending Award (ITA) 2023’ dalam kategori Trending Movie of the Year. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi film Petualangan Sherina 2 yang dilakukan di Instagram dan Youtube dengan menggunakan model AISAS. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan yang diraih film Petualangan Sherina 2 ini dikarenakan strategi promosi yang melibatkan kepopuleran para aktor, pemberian give away, aspek nostalgia, copywriting yang menarik, serta konten promosi yang mengikuti trend yang ada. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi ketika merancang promosi di media sosial dengan memahami target audiens, pola perilaku
konsumen serta penerapan model AISAS.
Kata kunci: AISAS, media sosial, perilaku konsumen, promosi film.
Copyright (c) 2025 Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.