EDUKASI DIGITAL MUSEUM R.A.KARTINI REMBANG “Rekonstruksi Keadilan Gender Melalui Animasi Genealogi R.A.Kartini”

Authors

  • Godham Eko Saputro Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Studi tentang Museum dalam beberapa dekade ini tidak menjadi populer, sedangkan manfaat edukasi yang kaya akan wawasan dan inovasi dapat ditemukan di Museum. Mengambil studi kasus di Museum R.A.Kartini Rembang yang berfokus pada animasi genealogi perjuangan gender R.A.Kartini, studi ini menawarkan pendekatan inovatif dalam menyampaikan pesan keadilan gender melalui media digital. Studi ini bertujuan (1) mengevaluasi efektivitas desain interaktif dan animasi dalam konteks edukasi sejarah; (2) mengidentifikasi tantangan-peluang teknologi digital, serta (3) memberikan rekomendasi untuk pengembangan desain komunikasi visual. Metode kualitatif, dengan analisis teori desain komunikasi visual dari Paul Rand dan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dari Lev Vygotsky menjadi tumpuan dalam studi ini. Hasil temuan menunjukkan bahwa animasi genealogi perjuangan R.A.Kartini berhasil menarik perhatian dan memotivasi penonton untuk terlibat lebih dalam dengan materi, yang meliputi diskusi, pencarian informasi tambahan, dan partisipasi dalam aktivitas sosial. Meskipun demikian, tantangan tetap ada dalam hal aksesibilitas dan relevansi historis. Kesimpulannya, desain komunikasi visual yang efektif dapat meningkatkan pembelajaran digital, dan inovasi berkelanjutan diperlukan untuk memaksimalkan potensi pendidikan digital. Studi ini bermanfaat bagi pengembangan konten edukasi digital yang lebih efektif dan inklusif dalam menyampaikan pesan sejarah dan keadilan gender.

Kata kunci: Animasi, genealogi, desain komunikasi visual, keadilan gender, pendidikan digital, Zona Perkembangan Proksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-11