IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI WISATA EDUKASI JENDELA ALAM

  • Sari Ramadeni
  • Didit Widiatmoko Soewardikoen

Abstract

Indonesia memiliki potensi keindahan dan kekayaan alam yang sangat besar, dimana potensi tersebut dapat dirangkai menjadi satu daya tarik wisata. Salah satu objek wisata yang memaksimalkan potensi alam Indonesia adalah wisata Jendela Alam yang terletak di daerah Lembang, kabupaten Bandung Barat. Namun tempat wisata ini masih belum dikenal oleh masyarakat luas karena promosi yang dilakukan belum maksimal, sehingga kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung ke wisata edukasi alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Perolehan data dianalisis menggunakan matriks perbandingan. Perancangan ulang identitas visual diperlukan untuk menciptakan sebuah image yang mudah dikenal oleh wisatawan, dan penerapan pada media promosi yang sesuai. Perancangan difokuskan pada unsur pariwisata edukasi alam dan sebagai acuan dalam visualisasi media-media promosi. Adanya perancangan ini akan membantu pihak Jendela Alam membuat identitas visual dan media promosi untuk meningkatkan minat masyarakat agar tertarik berkunjung ke wisata edukasi alam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-17
How to Cite
RAMADENI, Sari; SOEWARDIKOEN, Didit Widiatmoko. IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI WISATA EDUKASI JENDELA ALAM. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], p. 113-128, may 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/767>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.767.