PENINGKATAN USER EXPERIENCEMELALUI REKOMENDASI DESAIN USER INTERFACEPADA WEBSITE LAPOR HENDI
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v5i2.2345Keywords:
focus group discussion, user interface, website Lapor HendiAbstract
Kota Semarang merupakan kota maju yang memiliki banyak penghargaan. Penghargaan tersebut hasil dari beberapa inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah kota Semarang dalam hal pelayanan publik dan cara komunikasi dengan masyarakat Kota Semarang. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari konsep pembangunan Bergerak Bersama yang diwujudkan melalui berbagai layanan yang salah satunya adalah “Lapor Hendi”. Lapor Hendi adalah layanan publik berbasis online untuk menyampaikan pengaduan, menyampaikan aspirasi, dan berkomunikasi langsung dengan Pemerintah Kota Semarang. Kendala yang dihadapi oleh masyarakat kota Semarang adalah kesulitan dalam menggunakan website tersebut untuk melakukan pelaporan. Hal tersebut dikarenakan website Lapor Hendi hanya menampilkan informasi tentang media-media yang dapat digunkan untuk melapor pada layanan Lapor Hendi saja. Mereka tidak memementingkan User Interface (UI) sama sekali. Penelitian yang dilakukan fokus pada evaluasi user interface pada website Lapor Hendi. Penelitian ini kami batasi pada persepsi, kesan atau sikap pengguna terhadap bagaimana website Lapor Hendi dapat memberikan informasi seperti yang pengguna harapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa analisis konten kualitatif dan focus group discussion (FGD) untuk menggali lebih dalam bagaimana pengalaman pengguna ketika menggunakan website Lapor Hendi. Metode FGD ini dilakukan dengan mendiskusikan beberapa persepsi dan permasalahan yang dialami pengguna selama menggunakan website Lapor Hendi dengan mengacu pada konsep user experience yang sesuai dengan User Experience Questionnaire (UEQ). Kemudian ditentukan pula rekomendasi perbaikan dari tiap permasalahan sesuai dengan guidelines desain user interface yang baik.