KAJIAN DROMOLOGI DALAM IKLAN TVC OBAT SAKIT KEPALA BODREX - TERUS MENANGKAN HARIMU! TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v5i2.2263Keywords:
Dromologi, Iklan bodrex, HiperealitasAbstract
Abstrak: Kecepatan informasi membawa manusia ke dalam sebuah kondisi kesaling terhubungan terus menerus antara seluruh jaringan komunikasi dan informasi. Kondisi aliran banyaknya arus informasi yang menerpa kita setiap saat yang demikian dikenal sebagai schizophrenia baru. Keberadaan iklan tidak hanya menampilkan realitas yang merayakan kecepatan informasi dalam masyarakat mengagung-agungkan kecepatan, namun iklan juga memegang peran penting dalam menularkan nilai-nilai ekstasi kecepatan (dromos) melalui nilai-nilai keseketikaan/instant yang dibawanya. Fenomena pengagungan kecepatan dalam iklan menarik untuk ditelisik lebih dalam, tentang cara-cara iklan tersebut dalam menyampaikan bujukan solusi keseketikaan yang ditawarkan kepada calon konsumennya. Melalui pendekatan beberapa teori seperti Dromologi, Simulasi dan Hiperealitas, serta teori Kuasa. Serial iklan TVC (Television Commercial) produk obat sakit kepala Bodrex sebagai market leader yang disiarkan pada rentang tahun 2017 dipilih menjadi studi kasus dalam membedah nilai-nilai dromologi pada iklan tersebut. Dari analisis iklan tersebut, ditemukan cara-cara rayuan kepada konsumen yang dipilih melalui pendekatan dromologi yang dilihat dari konsep solusi instan/kesegeraan.
Kata kunci: Dromologi, Iklan bodrex, Hiperealitas, Hegemoni