ANALISIS STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL LABEL REKAMAN INDEPENDEN DI ERA DIGITAL

  • Idhar Resmadi Telkom University
  • Rendy Pandita Bastari
  • Gema Ari Prahara

Abstract

Teknologi digital telah mengubah cara untuk memproduksi, mendistribusi, mengonsumsi, serta mempromosikan karya musik. Saat ini dibutuhkan suatu cara baru yang lebih inovatif dan efektif oleh para pelaku industri rekaman karena beberapa cara promosi dan pemasaran konvensional dianggap tidak terlalu adaptif dengan kebutuhan sekarang. Perkembangan teknologi digital terutama kehadiran platform media komunikasi visual sangat penting dalam rangka menumbuhkan inovasi baru dalam promosi dan pemasaran di industri rekaman saat ini. Perlu pendekatan yang lebih berbasis media komunikasi visual dalam merancang suatu strategi komunikasi sehingga tujuan pemasaran dan promosi label rekaman tersebut bisa tercapai. Objek yang akan diteliti yaitu salah satu label rekaman independen asal Jakarta bernama Sun Eater Records. Metodologi penelitian yang akan dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan studi literatur. Di tengah era konvergensi media saat ini penting untuk diketahui bagaimana Sun Eater Records melakukan strategi komunikasi di era digital melalui pemanfaatan konten berbasis media komunikasi visual. Penelitian ini ingin mengungkapkan pemanfaatan media komunikasi visual di platform media sosial sangat penting karena geliat industri musik yang dinamis dengan perkembangan teknologi internet. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi kajian serta rekomendasi untuk para pelaku industri rekaman dalam melakukan promosi dan pemasaran di era digital sehingga lebih fleksibel dan adaptif.


 


Kata Kunci: Musik independen, Strategi Komunikasi, Media Komunikasi Visual

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-14
How to Cite
RESMADI, Idhar; BASTARI, Rendy Pandita; PRAHARA, Gema Ari. ANALISIS STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL LABEL REKAMAN INDEPENDEN DI ERA DIGITAL. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 212 - 232, sep. 2020. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/2742>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v5i2.2742.