BRANDING EMOSIONAL PADA VISUALISASI IKLAN TELEVISI WULING CONFERO S

  • muhammad hidayattuloh universitas telkom
  • Iman Sumargono

Abstract

Hadirnya kendaraan roda empat berjenis small mpv, mendorong berbagai merek
untuk memproduksi dan memasarkan jenis kendaraan tersebut. Dalam mendukung
pemasaran, iklan digunakan untuk menarik minat konsumen. Wuling Motor menghadirkan
Confero S sebagai kedaraan small MPV di Indonesia. Untuk menarik minat konsumen, Wuling
menghadirkan iklan Confero S “The Real Spacious Family MPV, As Comfort As Home” yang
berdurasi 60 detik. Pada iklan tersebut menampilkan sisi emosional berkendara yang
dipadukan dengan fitur yang ada pada kendaraan. Melalui teori branding emosional dengan
pendekatan panca indera yang dikemukakan oleh Marc Gobe, maka pada penelitian ini akan
mengkaji bagaimana pengaplikasian teori emosional branding pada visualisasi iklan televisi
tersebut. Selain dari itu, penelitian ini akan menelaah bentuk branding emosional dengan
mengkaji visualisasi adegan dan narasi yang ada pada iklan. Hal tersebut bertujuan untuk
mengetahui aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam merancang iklan melalui
pendekatan teori branding emosional. Dari penelitian ini mendapatkan simpulan bahwa
branding emosional pada iklan televisi konsumen dengan memperhatikan atribut visual seperti
warna, tekstur, maupun adegan pada iklan yang dihubungkan dengan fitur kendaraan, mampu
meningkatkan branding emosional bagi yang melihatnya. Sedangkan narasi yang dijadikan
sebagai voice over mampu mendukung pesan utama iklan yang memudahkan konsumen untuk
memahami maksud maupun pesan dalan iklan tersebut.
Kata Kunci: branding, branding emosional, iklan, panca indera, Confero S

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-08
How to Cite
HIDAYATTULOH, muhammad; SUMARGONO, Iman. BRANDING EMOSIONAL PADA VISUALISASI IKLAN TELEVISI WULING CONFERO S. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 217 - 236, sep. 2021. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/2943>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.2943.

Most read articles by the same author(s)