PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT “PARADILA” LAMONGAN

Authors

  • Nur Aini Ashari
  • Asidigisianti Surya Patria UNESA

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3082

Keywords:

visual content, Instagram, woven fabric, social media marketing

Abstract

Tenun merupakan wujud dari kekayaan budaya Indonesia yang berharga. Paradila adalah produsen kain tenun ikat asal Lamongan yang sudah menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Lamongan.. Akan tetapi, eksistensi  tenun Paradila  Lamongan jika dibandingkan dengan tenun dari Lombok, Riau, dan Kalimantan masih kurang dikenal. Untuk meningkatkan eksistensi tenun Paradila dibutuhkan media promosi. Salah satu media promosi yang efektif adalah Instagram. Paradila belum memaksimalkan potensi Instagram dalam strategi pemasaran mereka. Melalui perancangan konten visual Instagram ini diharapkan dapat memperkenalkan tenun ikat Lamongan sekaligus meningkatkan penjualan Tenun Ikat Paradila. Tujuan perancangan ini adalah 1) mendeskripsikan proses kreatif perancangan konten visual Instagram sebagai media promosi Tenun Ikat Paradila. 2) menerapkan desain konten visual Tenun Ikat “Paradila” dalam media Instagram. Tahapan dalam perancangan konten visual ini meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep dan visualisasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan USP (Unique Selling Preposition). Hasil dari perancangan ini berupa media utama feeds Instagram 33 post dan 16 Instastory yang selanjutnya dipublikasikan di akun Instagram Paradila.  

Keywords: Instagram, Kain Tenun, Konten Visual, Perancangan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-09-08