PERANCANGAN COFFEE TABLE BOOK UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PEMASARAN DESA WISATA TRANGSAN DENGAN IMPLEMENTASI 5W+1H

  • Nidyah Widyamurti
  • Jauhari Jauhari
  • Hermansyah Muttaqin
  • Lalita Gilang Universitas Sebelas Maret
  • Arif Ranu Wicaksono

Abstract

Dalam konsep komunikasi pemasaran terintegrasi atau Integrated Marketing Communication (IMC), Desa Trangsan di Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sudah mempunyai positioning sebagai desa wisata dengan produk olahan rotan sebagai produk unggulan. Desa Trangsan memiliki sistem kemasyarakatan yang baik. Ditunjukkan dengan adanya Unit Kecil Menengah (UKM) Klaster Rotan sebagai motor penggeraknya. Sebagai destinasi wisata, aktifitas UKM Klaster Rotan menjadi sajian atraksi wisata yang menarik, ditambah lagi dengan acara Grebeg Penjalin yang diselenggarakan setiap tahun. Desa Trangsan membutuhkan dukungan program komunikasi pemasaran secara terintegrasi untuk mempromosikan destinasi wisatanya agar menarik perhatian turis domestik dan mancanegara. Program komunikasi pemasaran Desa Trangsan ini selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi juga dapat digunakan untuk mempersiapkan masyarakat desa untuk menghadapi persaingan global atas produk kerajinan rotan mereka. Penelitian dengan metode kualitatif dan menggunakan strategi deskriptif ini merupakan riset terapan sebagai pengembangan dari Tugas Akhir Prodi Diploma III Desain Komunikasi Visual UNS dan hasil penelitian lain sebelumnya. Penelitian dalam satu periode ini bertujuan untuk mendapatkan data kemudian memaparkan potensi sumber daya wisata Desa Trangsan dalam bentuk coffee table book dalam wujud cetak dan digital dengan kekuatan fotografi sebagai daya tariknya. Coffee table book ini akan digunakan sebagai media komunikasi dalam kegiatan pemasaran Desa Trangsan sebagai desa wisata dengan pemangku kepentingan.


Keyword: coffee table book, program komunikasi pemasaran, desa wisata

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-08
How to Cite
WIDYAMURTI, Nidyah et al. PERANCANGAN COFFEE TABLE BOOK UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PEMASARAN DESA WISATA TRANGSAN DENGAN IMPLEMENTASI 5W+1H. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 259 - 276, sep. 2021. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/3318>. Date accessed: 09 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3318.