PAPARAN KONTEN VISUAL PADA FEED INSTAGRAM KOPI TOKO DJAWA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Rizki Yantami Arumsari Universitas Telkom
  • Yanuar Rahman
  • Bijaksana Prabawa

Abstract

Semenjak adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, pemerintah menghimbau untuk tetap di rumah saja dan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat aktivitas jual beli menurun hingga para pemilik kafe harus menutup usahanya sementara bahkan selamanya. Kopi Toko Djawa merupakan kafe yang tidak pernah sepi pengunjung, namun karena harus mematuhi himbauan pemerintah, akhirnya mereka pun harus membuat aturan baru yakni pelanggan hanya bisa melakukan take away. Agar pelanggan tetap terikat dengan Kopi Toko Djawa walau secara online, pengelola Kopi Toko Djawa memanfaatkan peran media sosial Instagram dengan cara membuat konten visual yang dipublikasikan dalam bentuk post pada Instagram mereka. Konten visual yang disajikan berbentuk foto, poster ataupun foto yang dijadikan poster. Isi dari konten visual tersebut antara lain mengingatkan para pengikut akun Instagram untuk tetap di rumah saja juga menginformasikan produk yang dapat dinikmati untuk berkegiatan di rumah. Melalui metode observasi, wawancara, dan analisis visual, penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu bagaimana konten visual tersebut berhubungan dengan online engagement yang indikatornya adalah jumlah like dan comment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten visual pada media sosial Instagram Kopi Toko Djawa dapat meraih jumlah like dan comment yang besar yang berarti konten visual tersebut dapat membuat online engagement yang baik walaupun dimasa sulit saat terjadi pandemi.


   Kata kunci: Instagram, konten visual, Kopi Toko Djawa, online engagement, pandemi COVID 19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-09
How to Cite
ARUMSARI, Rizki Yantami; RAHMAN, Yanuar; PRABAWA, Bijaksana. PAPARAN KONTEN VISUAL PADA FEED INSTAGRAM KOPI TOKO DJAWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 343-360, sep. 2021. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/3698>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3698.

Most read articles by the same author(s)