PENERAPAN IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI WEBSITE WISATA KERAJINAN RAJAPOLAH
DOI:
https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.934Keywords:
Brand Identity, Rajapolah, Website, Wisata KerajAbstract
Potensi wisata kerajinan khususnya di Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sangat besar. Rajapolah selain memiliki kerajinan anyaman yang beragam, juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan wisata kerajinan lainnya dengan adanya wisata edukasi kerajinan di Kampung Kreatif Sukaruas. Akan tetapi dengan potensi wisata yang dimiliki Wisata Kerajinan Rajapolah, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tasikmalaya tidak besar dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Wisata kerajinan Rajapolah saat ini belum memiliki identitas visual dan media promosi yang memadai. Penerapan identitas visual pada media promosi website bertujuan untuk menghasilkan media promosi yang dapat menjangkau target pasar secara luas dan efektif sekaligus memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran akan brand wisata kerajinan Rajapolah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dengan narasumber terkait dan studi pustaka. Hasil analisis data menunjukkan diperlukannya media promosi berupa website yang memiliki identitas visual dari Wisata Kerajinan Rajapolah. Hasil penelitian ini adalah sebuah media promosi website Wisata Kerajinan Rajapolah dengan identitas visual yang mempresentasikan kerajinan dan wisata edukasi Rajapolah. Perancangan media promosi website ini diharapkan dapat membantu meningkatkan daya jual produk kerajinan Rajapolah dengan adanya fitur toko online dan dapat menjangkau lebih luas target pasar dari wisata kerajinan Rajapolah.