PENGELOLAAN STRATEGI BRANDING APPLE INC. UNTUK MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN

personChristian AnggriantoUniversitas Ciputra
personNassiriah ShaariUniversitas Utara Malaysia
personNorsiah binti Abdul HamidUniversitas Utara Malaysia
subjectAbstract

Apple sebagai merk yang terkenal dengan inovasinya, telah mampu bertahan di posisi puncak Most Valuable Brand selama bertahun-tahun. Apple Inc. telah mampu membangun dan mengelola brand sehingga dicintai oleh konsumennya dan menjadi top of mind diantara produk sejenisnya. Strategi pengelolaan merk seperti apakah yang dilakukan oleh Apple Inc.? Melalui metode penelitian dengan jenis data kualitatif melalui wawancara terstruktur kepada para responden dari kalangan praktisi sekaligus akademisi branding dan didukung dengan studi literatur ini, ditemukan bahwa Apple telah berhasil menciptakan strategi branding yang baik dengan mengidentifikasikan siapa target marketnya, dan menciptkan visi misi yang berkomitmen untuk menciptakan solusi untuk permasalah yang dihadapi oleh target marketnya, tidak berhenti sampai disitu namun Apple inc. mampu menerjemahkan visi tersebut menjadi brand strategy yang mampu menciptakan pengalaman unik dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand, dan akhirnya tercipta loyalitas terhadap brand Apple. Hasil dari riset ini berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan lain memahami bagaimana cara mengelola merk yang mereka miliki hingga bisa memperoleh loyalitas dari konsumennya.

labelKeywords:
consumer insight, emotional branding, brand communication, brand experience, brand loyalty.

Make a Submission

Template

Template

Manuscript template can be downloaded here

Hotline

Akreditasi

SK Akreditasi Elektronik

issn

E-Issn 2502-2431

P-Issn 2477-6106

tools

Plagiarism Checker


index

 

sinta

Akreditasi RistekBrin