PENGELOLAAN STRATEGI BRANDING APPLE INC. UNTUK MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN

Authors

  • Christian Anggrianto Universitas Ciputra
  • Nassiriah Shaari Universitas Utara Malaysia
  • Norsiah binti Abdul Hamid Universitas Utara Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.936

Keywords:

consumer insight, emotional branding, brand communication, brand experience, brand loyalty.

Abstract

Apple sebagai merk yang terkenal dengan inovasinya, telah mampu bertahan di posisi puncak Most Valuable Brand selama bertahun-tahun. Apple Inc. telah mampu membangun dan mengelola brand sehingga dicintai oleh konsumennya dan menjadi top of mind diantara produk sejenisnya. Strategi pengelolaan merk seperti apakah yang dilakukan oleh Apple Inc.? Melalui metode penelitian dengan jenis data kualitatif melalui wawancara terstruktur kepada para responden dari kalangan praktisi sekaligus akademisi branding dan didukung dengan studi literatur ini, ditemukan bahwa Apple telah berhasil menciptakan strategi branding yang baik dengan mengidentifikasikan siapa target marketnya, dan menciptkan visi misi yang berkomitmen untuk menciptakan solusi untuk permasalah yang dihadapi oleh target marketnya, tidak berhenti sampai disitu namun Apple inc. mampu menerjemahkan visi tersebut menjadi brand strategy yang mampu menciptakan pengalaman unik dan membangun kedekatan emosional antara konsumen dengan brand, dan akhirnya tercipta loyalitas terhadap brand Apple. Hasil dari riset ini berguna untuk membantu perusahaan-perusahaan lain memahami bagaimana cara mengelola merk yang mereka miliki hingga bisa memperoleh loyalitas dari konsumennya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-29