Proses Produksi Maskot sebagai Brand Image di PT Mentari Mas Multimoda
DOI:
https://doi.org/10.25124/.v1i1.6527Kata Kunci:
Maskot, Brand image, Design Thinking, PT Mentari Mas MultimodaAbstrak
Perkembangan dunia industri membuat semakin banyaknya barang yang perlu dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Perdagangan lintas laut adalah yang paling banyak digunakan dalam memindahkan barang yang ada. Data menunjukkan bahwa lebih dari 80% perdagangan adalah perdagangan lintas laut. Industri pelayaran peti kemas merupakan salah satu industri yang meningkat dikarenakan pertumbuhan pergerakan barang ini. PT Mentari Mas Multimoda merupakan salah satu perusahaan pelayaran peti kemas yang baru berdiri pada tahun 2019 namun dapat bersaing dengan perusahaan pelayaran yang telah berdiri puluhan tahun di beberapa pelabuhan tujuan. PT Mentari Mas Multimoda ingin menonjolkan suatu hal yang baru dan berbeda dibandingkan dengan para kompetitornya khususnya pada bagian image perusahaan. Salah satu yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya adalah maskot. Maka dari itu perancangan karya ini berjudul “Proses Produksi Maskot Sebagai Brand image PT Mentari Mas Multimoda”. Teori yang menjadi acuan dalam rancangan maskot ini adalah 5 unsur dimensi pembentuk brand image menurut Keller (2016) karena maskot akan merepresentasikan perusahaan dan mengandung unsur pembentuk brand image. Untuk perancangan maskot akan menggunakan 5 tahapan design thinking. Dalam memperoleh data untuk menciptakan maskot, penulis melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Perancangan ini menghasilkan Maskot bernama “Si Mas” yang mengandung berbagai nilai dari PT Mentari Mas Multimoda.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.