Penerapan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Menunjang Proses Belajar Mengajar di SD Negeri Kertasari 01 Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2357Keywords:
interaktif, multimedia, pembelajaran, materi ajar, t-testAbstract
Makalah ini menyajikan penerapan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk menunjang proses pelajar pengajar di SD Negeri Kertasari 01 Kabupaten Bandung. Penerapan aplikasi pembelajaran ini dituangkan kedalam sebuah pelatihan pembuatan konten pembelajaran interaktif dengan multimedia. Masyarakat sasar yang dijadikan sebagai mitra adalah guru-guru SD Negeri Kertasari 01 Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung yang jaraknya sekitar 42 km dari Telkom University. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasar adalah kurangnya media interaktif yang menunjang proses belajar mengajar, dalam satu kelas jumlah siswa terlalu banyak, proses penyampaian materi masih menggunakan papan tulis, siswa masih menggunakan buku ajar yang konvensional, keterbatasan waktu belajar siswa di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, salah satu solusinya adalah dengan pembuatan materi ajar interaktif berbasis teknologi multimedia. Hal inilah yang mendorong kami untuk memberikan pelatihan bagi para guru SD Negeri Kertasari 01 dalam pembuatan materi ajar dengan bantuan multimedia. Untuk mengukur apakah pelatihan ini memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan peserta pelatihan dalam membuat materi ajar berbasis multimedia, kami melakukan observasi kemampuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil observasi kemudian dianalisis menggunakan t-test. Hasil dari analisis menunjukkan terdapat cukup bukti dengan tingkat kesalahan 5% bahwa ada perubahan yang signifikan dalam pelatihan pembuatan konten pembelajaran interaktif berbasis multimedia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.