EDUKASI KAMPANYE ANTI HOAX MELALUI KOMIK STRIP

  • Godham Eko Saputro
  • Toto Haryadi

Abstract

 Persebaran hoax akhir-akhir ini begitu masif, terutama melalui media sosial yang didukung adanya fitur ‘suka’ dan ‘berbagi’. Peraturan yang melarang pembuatan dan penyebaran hoax saat ini masih belum efektif untuk melawannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu cara strategi yang akan digunakan yaitu pemanfaatan media sosial. Kampanye anti hoax melalui komik strip dengan memanfaatkan media sosial menjadi fokus penulis guna membantu tugas kepolisian dalam memerangi hoax. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka, hasil dari metode tersebut dikembangkan menjadi konten cerita dalam komik strip, yang dirancang melalui tahapan penulisan script, sketsa dan digitalisasi, hingga publish melalui media sosial. Upaya ini mendapatkan respon positif, dan diharapkan dapat memotivasi para peneliti dan desainer untuk berperan serta dalam mendukung pemerintah, khususnya program pemberantasan hoax.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-28
How to Cite
SAPUTRO, Godham Eko; HARYADI, Toto. EDUKASI KAMPANYE ANTI HOAX MELALUI KOMIK STRIP. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 3, n. 02, p. 238 - 255, sep. 2018. ISSN 2502-2431. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1550>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1550.

Most read articles by the same author(s)