PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI BAPUSIPDA DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Farahdini Amalia Untarni Univeritas Telkom
  • Yanuar Rahman Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/demandia.v1i02.277

Abstract

Permasalahan mengenai minat baca anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena dapat menentukan indeks kemajuan bangsa. Telah banyak media yang membahas minat baca anak Indonesia, namun sampai saat ini hal tersebut masih tergolong rendah dan belum mengalami peningkatan yang signifikan, salah satu faktornya adalah kegiatan membaca belum menjadi sebuah kebutuhan primer. Usaha pemerintah Jawa Barat untuk meningkatkan minat baca anak adalah dengan mendirikan perpustakaan daerah BAPUSIPDA (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat) yang dilengkapi ruang baca anak yang tergolong nyaman dan menyediakan berbagai macam buku. Namun, sampai saat ini masyarakat belum menggunakannya secara maksimal. Hal tersebut dikuatkan dengan fenomena pengunjung anak yang datang ke perpustakaan terbilang sedikit. Untuk menganalisis dan menjawab permasalahan tersebut, terdapat beberapa tahap yang dilakukan mulai dari pengumpulan data melalui instrumen studi pustaka, kuesioner, wawancara hingga observasi lapangan. Kemudian digunakan analisis matriks perbandingan untuk membandingkan dengan kampanye sosial lain yang serupa. Dari data dan analisis tersebut, dilakukan perancangan kampanye sosial yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak melalui BAPUSIPDA di kota Bandung. Dengan adanya perancangan kampanye sosial ini minat baca anak umur delapan hingga dua belas tahun yang berada di kota Bandung akan meningkat sehingga dapat tercipta budaya membaca sejak dini.

 

Kata kunci: minat baca anak, perpustakaan, kampanye sosial, Jawa Barat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-01

Most read articles by the same author(s)