PERANCANGAN CONVERTIBLE BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

personDwi Agnes Natalia BangunPoliteknik Negeri Jakarta
personAnggi Anggarini
subjectAbstract

Kurangnya media pendukung dalam pembelajaran pada pendidikan anak usia dini yaitu usia 3-5 tahun merupakan salah satu penyebab kegiatan belajar tidak optimal. Dibutuhkan media interaktif sebagai cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Pada penelitian sebelumnya, convertible book teruji dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran, namun belum dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang convertible book yang dikreasikan dengan konten storytelling dan aktivitas interaktif untuk mendesain pembelajaran aktif di kelas anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan inovasi produk berupa buku interaktif convertible yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai media edukasi, media interaksi, dan media bermain. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimen dan analisis yang dilakukan dengan tahapan proses design thinking. Dengan demikian, dihasilkan desain buku interaktif convertible yang tepat guna dan tepat sasaran untuk kemudian dapat diterapkan sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran pada pendidikan usia dini sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal.
Kata kunci: convertible book, design thinking, media interaktif, PAUD

labelKeywords:
convertible book, storytelling, media interaktif, design thinking, media pembelajaran

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Make a Submission

Template

Template

Manuscript template can be downloaded here

Hotline

Akreditasi

SK Akreditasi Elektronik

issn

E-Issn 2502-2431

P-Issn 2477-6106

tools

Plagiarism Checker


index

 

sinta

Akreditasi RistekBrin